Dalam rangka pengendalian Penanaman Modal sebagaimana dalam peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No.03 Tahun 2012 tentang Pengendalian Penanaman Modal, bahwa setiap perusahaan baik Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negri (PMDN) wajib menyampaikan progres Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

Apa itu LKPM?

LKPM adalah Laporan Kegiatan Penanaman Modal yang wajib disampaikan oleh setiap perusahaan atas progres proyek investasi yang sedang berjalan ataupun yang sudah komersil secara bertahap kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pringsewu.

Perusahaan mana sajakah yang harus menyampaikan LKPM?

  1. Setiap perusahaan baik PMA ataupun PMDN yang telah memiliki Izin Prinsip Penanaman Modal atau Izin Prinsip Perluasan dalam masa atau tahap pembangunan proyek harus menyampaikan LKPM per triwulan atau sebanyak 4 kali dalam satu tahun dengan cara mengisi formulir L1.
  2. Bagi perusahaan PMA dan PMDN yang telah memiliki Izin Usaha atau perusahaan yang sudah berproduksi secara komersil harus menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal per semester atau sebanyak 2 kali dalam setahun.

Apakah Sanksi bagi perusahaan yang tidak menyampaikan LKPM?

Karena LKPM adalah sebagai alat kendali untuk mengetahui progres dan kemajuan atas realisasi investasi dan sebagai alat pantau untuk mengetahui eksistensi perusahaan maka dapat di tunda pelayanan perizinan teknis lainnya sampai perusahaan mengindahkan LKPM nya sesuai perka No 3 tahun 2012.

Kemana LKPM disampaikan?

Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) disampaikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Penanaman Terpadu Satu Pitu (DPMPTSP) Kota Cilegon.

LKPM ONLINE

Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) disampaikan melalui LKPM Online melalui lkpmonline.bkpm.go.id