PRINGSEWU – Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Romzi Halim, S.E.M.M  menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Penyusunan Atau Penyempurnaan Regulasi Perizinan dan Non Perizinan Bidang Kesehatan Tahun 2018 yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 November 2018 di Hotel Urban Pringsewu

Dalam rangka percepatan dan peningkatan perizinan berusaha, pemerintah memandang perlu menerapkan pelayanan Perizinan Berusaha terintegrasi secara elektronik . Atas dasar pertimbangan tersebut, pada 21 Juni 2018, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu menyambut baik hal tersebut dan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pringsewu menindaklanjui dengan menyelenggarakan kegiatan Penyusunan dan Penyempurnaan Regulasi di Bidang Perizinan dan Non Perizinan khususnya Bidang Kesehatan Tahun 2018 dalam rangka pelaksanaan perizinan terintergrasi secara elektronik melalui Aplikasi Online Single Submission (OSS) dan Sicantik Cloud.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) merupakan pusat pelayanan perizinan yang dimiliki oleh pemerintah daerah dalam mengelola perizinan mulai dari pengajuan, pemerosesan sampai dengan mengeluarkan surat izin.

Kegiatan Penyusunan Atau Penyempurnaan Regulasi Perizinan Dan Non Perizinan Bidang Kesehatan Tahun 2018 tersebut di buka oleh Staf Ahli Bupati Pringsewu, Bapak Romzi Halim, SE.MM.  Acara tersebut di isi oleh 3 orang narasumber, yaitu yang pertama Bapak Akhmad Fadoli,M.Si selaku Kepala DInas PMPTSP Kabupaten Pringsewu yang memberikan materi tentang “SOSIALISASI PENERBITAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN SECARA ONLINE MELALUI  APLIKASI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) & APLIKASI SICANTIK CLOUD”, kedua Bapak Ehrom, AMK selaku Kabid SDMK Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu yang memberikan materi tentang “PELAYANAN REKOMENDASI PERIZINAN KESEHATAN” dan  yang ketiga Bapak Didi Suswanto, SKM . M.Kes Kabid Pelayanan Perizinan pada Dinas PMPTSP Kabupaten Pringsewu. yang memberikan materi tentang “STANDAR PELAYANAN PERIZINAN BIDANG KESEHATAN”.

Peserta kegiatan berjumlah 50 (lima puluh) orang yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Pengurus Rumas Sakit, Puskesmas, Apotek dan berbagai organisasi profesi kesehatan yang ada di Kabupaten Pringsewu. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif, peserta juga sangat antusias dalam memberikan pertanyaan dan saran tentang pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan publik dan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pelayan Perizinan Terpadu Satu Pintu Berbasis elektronik dan untuk membantu pemerintah daerah khususnya DPMPTSP Kabupaten Pringsewu dalam melakukan pencatatan, pemerosesan dan penanganan perizinan serta pencetakan surat izin sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat dan memberikan citra pemerintah daerah yang positif.

Dengan adanya kebijakan pelayanan terpadu satu pintu di Kabupaten Pringsewu, masyarakat bisa mengurus segala jenis perizinan dalam satu tempat saja, namun sejalan dengan itu dengan adanya sistem perizinan online, baik melalui Online Single Submission (OSS) mapun SICANTIK CLOUD masyarakat bisa lebih mudah lagi untuk mengurus perizinan, masyarakat hanya perlu mengetahui bagaimana mekanisme atau Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pengurusan perizinan secara online melalui Website www.oss.go.id dan www.sicantikkui.layanan.go.id kemudian baru datang ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pringsewu untuk menyerahkan berkas persyaratan  kelengkapanya dan masyarakat bisa juga mengetahui sejauh mana status perizinan yang mereka urus tanpa harus sering-sering datang ke kantor DPM PTSP Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan Penyusunan Atau Penyempurnaan Regulasi Perizinan Dan Non Perizinan Bidang Kesehatan Tahun 2018 berjalan dengan lancar dan kondusif. Dinas PMPTSP Kabupaten pringsewu berharap agar Dinas Kesehatan , Dinas Lingkungan Hidup, Stage holder terkait dan seluruh peserta dapat mengerti dan memahami tata cara penyelenggaraan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik khususnya Bidang Kesehatan sebagai upaya percepatan dan peningkatan berusaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *